Halaman

Minggu, 12 Juni 2011

Pembuatan Pupuk Kompos

Menindaklanjuti pertemuan lalu tentang pembuatan pupuk kompos skala rumah tangga (Sabtu, 4/6/11), maka pada Minggu 12 Juni 2011 kami (Ketua RW.03: Bambang Wahyudi, Koord. Divisi Pembangunan: Herry Susilo, Anggota Administrasi Kependudukan: Suyitno, dan warga pemerhati masalah lingkungan: Aditya) berkunjung ke perumahan Cipinang Elok, Jakarta Timur.
Mesin Pencacah

Di sana kami mempelajari pembuatan pupuk kompos untuk skala lingkungan (RT/ RW). Kami disambut langsung oleh Pembina Pembuatan Pupuk Kompos, Ibu Dra. Setijati Hartinah Ediyono, MS dari Universitas Trisakti Jakarta. Kami langsung diterima di muka sebuah bangunan yang digunakan untuk memproduksi pupuk kompos dari limbah organik lingkungan seperti daun-daun kering dan basah, serta rerumputan. Ruangan tersebut berukuran sekitar 5 x 10 meter persegi (dengan bangunan seperti hanggar).

Pupuk kompos yang sudah dikemas
Prosesnya adalah: 1). Daun-daun tersebut dimasukkan ke mesin pencacah sehingga menghasilkan potongan-potongan daun yang halus (serbuk daun). 2). Serbuk daun tersebut selanjutnya dikumpulkan dan dilakukan proses fermentasi (dicampur dengan EM4/ cairan mikroba/ bioaktivator, air, gula cair, kotoran hewan, dan dedak). 3). Campuran tersebut didiamkan selama 4 - 5 hari yang ditutup dengan terpal/ karung goni agar lembab dan terjadinya proses fermentasi. 4). Setelah terjadi fermentasi, hasilnya dipindahkan ke bak penampungan untuk diangin-anginkan selama sekitar 14 hari sehingga warnanya menjadi kehitam-hitaman. 5). Terakhir, kompos tersebut diayak dengan mesin pengayak untuk memisahkan serbuk kompos yang halus dan yang kasar. Untuk serbuk kompos yang sudah halus, bisa digunakan langsung ke tanaman atau dibungkus untuk dijual. Sedangkan untuk serbuk yang masih kasar, diproses ulang kembali.
Melihat contoh dedak

Ibu Dra. Setijati Hartinah Ediyono, MS bersedia hadir di lingkungan kita untuk memberi pengetahuan kepada kita sekalian tentang proses komposisasi tersebut lebih lengkap lagi. Kami memberinya jadwal kepada Beliau pada Minggu, 19 Juni 2011 pukul 09.00 - 12.00 WIB, bertempat di aula Kelurahan Sukmajaya, Depok. Kepada para pemerhati sekalian, jika ingin mengikuti acara tersebut bisa mendaftar di sini (bwahyudi@staff.gunadarma.ac.id atau bwahyudi9@gmail.com) selambatnya pada Jumat 17 Juni 2011. Kami berencana mengundang Lurah dan Perwakilan RW di seluruh kelurahan Sukmajaya serta organisasi-organisasi yang berkaitan dengan hal ini.

Demikian, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar