Halaman

Sabtu, 13 Juli 2013

Menghadiri Launching Rumah Kreatif Ulil Albab di RT.10

Lembaga Pendidikan Kewirausahaan Syariah (LPKS) Ulil Albab melalui Sekretarisnya Zaenab, Ketua Panitia Firliyah dan Ketuanya Erni Setiawaty Karim, Amd., mengundang Ketua RW untuk menghadiri acara "Launching Rumah Kreatif Ulil Albab" yang diselenggarakan pada Sabtu, 13 Juli 2013 jam 08.30 - 12.00 WIB bertempat di Lapangan RT.10.

Bersamaan dengan itu, dilakukan pelatihan pembuatan bros dari kain perca kepada kaum ibu, remaja dan anak-anak puteri.

Pada sambutannya, Pembina LPKS Ulil Albab, Ustdz. Andyarini Kencana Wungu, SPd.I. atau yang akrab dipanggil dengan Ibu Ninong, Komisi D DPRD Kota Depok, beliau menjelaskan tujuan LPKS Ulil Albab dan perkembangannya hingga saat ini.

Banyak bidang yang telah dan akan dilakukan di lembaga ini, seperti kerajinan tangan (hand made) dari bahan-bahan yang tidak terpakai, pembuatan pelet (pakan ikan), pembudidayaan ikan lele, terapi-terapi kesehatan, dan sebagainya.

Ibu Ninong, Pembina LPKS Ulil Albab
Sekretariat Ulil Albab yang berpusat di Jl. Saminten Raya No. 16 RT.10 RW, 16 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok dengan telp. 021-85428928 akan memperluas silaturrahimnya (membuka cabang) di 6 kelurahan se kecamatan Sukmajaya.

Kebetulan, untuk kelurahan Sukmajaya dilakukan di RT.10 RW.03 ini. Beliau berharap agar silatur-rahimnya ini mendapat sambutan dan antusias dari warga sekitar.

Di luar itu, berdasarkan perbincangan yang dilakukan oleh Ketua RW.03 ke beberapa panitia, diperoleh informasi bahwa lembaga ini mengadakan pendidikan kepada masyarakat yang  menginginkannya, dan menerima warga yang memiliki kemampuan keterampilan inovatif untuk bergabung mendarmabaktikan keahliannya kepada masyarakat luas.
Di samping ini, empat orang alumni yang pernah mengenyam pendidikan di LPKS Ulil Albab. Mereka adalah (dari kiri ke kanan) 1). Hery Santosa, ia kini berusaha di bidang pembuatan susu kedelai sehat dan bubur bayi bergizi bermerek dagang "NaSoya." Bila ada peminat kedua produk tersebut, silakan hubungi ke 085780737564, 2). Nanang yang usahanya bergerak di bidang terapi bekam dan sosialisai Jamsostek. Bekam adalah teknik pembuangan darah kotor (yang menjadi makanan berbagai penyakit) yang berada di balik kulit. Bila berminat melakukan terapi bekam, silakan menghubunginya di 08984767401, lalu 3). Tarmizi yang usahanya bergerak di bidang bekam (sama dengan Nanang), bagi peminat dapat menghubunginya di 085780737564, dan 4). Ahmad Nawawi yang bergerak di thibbun nabawi, menjual berbagai produk herbal yang tinggal di daerah Bogor. Bila ada peminat, silakan menghubunginya di 08111888610.

Pada kesempatan itu, dipamerkan dan dijual berbagai hasil kerajinan inovatif dari para alumninya, seperti chese stick yang mengandung wortel, tas dan dompet dari bekas kemasan yang tak terpakai lagi, berbagai bros dari berbagai bahan dan motif, dan sebagainya.

Menurut Ketua LPKS Ulil Albab, meskipun penghasilan dari suami sudah mencukupi kebutuhan rumah tangga, tidak ada salahnya sebagai wanita atau ibu rumah tangga mencari penghasilan tambahan, atau minimal berbuat untuk mengurangi limbah (sampah), atau mengaktualisasikan diri atau menyatakan bahwa kaum perempuan bisa berbuat sesuatu yang berguna bagi lingkungan dan bangsanya.

Pada kata sambutannya, Ketua RW.03, Bambang Wahyudi sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, semoga bukan hanya warga di RT.10 saja yang akan merasakan manfaatnya, namun di seluruh RT di lingkungan RW.03 yang berjumlah 11 RT. ini.

Dengan adanya wadah dan penggerak seperti ini, insya Allah warga akan terpancing dan mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Menurutnya, kreatif adalah setingkat di atas terampil, karena kreatif adalah membuat penemuan baru, sedangkan terampil cukup meniru saja produk yang sudah ada.

Hasil keterampilan dari seorang peserta
Karena penemuan baru itu sangat sulit, maka setidaknya menjadikan para pesertanya memiliki keterampilan. Contoh inovatif: karena daging sapi saat ini sangat mahal, maka buatlah tahu yang berharga murah itu, kalau dimakan memiliki rasa daging sapi.

Tapi kreatif itu ada batasannya, jangan sampai hal-hal yang sudah 'dipatenkan' dalam agama diubah-ubah, misalnya "kok dari dulu gerakan sholat seperti itu saja..., buat yang baru ah ..!" katanya berkelakar...

Berikut ini foto-foto lain dari kegiatan pelatihan yang dilakukan pada saat itu juga. Acara tersebut berakhir pada Pk.12.00 WIB.

Semoga sumbangsih LPKS Ulil Albab dan orang-orang yang kreatif lainnya mendapat ridho dan berkah dari Allah SWT. Aamiin.



http://2.bp.blogspot.com/-3uoF4hbbJNg/UeDxmnNT2iI/AAAAAAAATRc/FzaBfi9F6Fw/s1600/P1140969.JPG
http://3.bp.blogspot.com/-AARzoge_P9U/UeDx0ebtpII/AAAAAAAATRk/lDQcuHL2r6g/s1600/P1140954.JPG



Tidak ada komentar:

Posting Komentar