Halaman

Senin, 18 Februari 2013

Ayo, Ikut Memilih di Pemilukada Jabar 2013



Pada Senin, 18 Februari 2013, saya menghadiri undangan tentang sosialisasi pemahaman tentang hak dan kewajiban masyarakat dalam pelaksanaan pemilukada Jabar 2013 yang diselenggarakan di Ruang Nurcholish Madjid Gedung Graha Insan Cita, Jl. Prof. Larfan Pane No. 100, Cimanggis, Depok. Hadir sebagai narasumber adalah unsur-unsur dari Walikota, Panwaslu, KPUD, dan Kasat Intel.

Pada acara yang dibuka oleh Walikota, Bp. Nurmahmudi Ismail tersebut pada intinya adalah mengajak peran serta masyarakat untuk peduli dan berpartisipasi secara aktif pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat pada Minggu, 24 Faberuari 2013 nanti. Pada pemilihan-pemilihan sebelumnya, Kota Depok masuk dalam kategori terendah se Jawa Barat mengenai peran aktif masyarakatnya dalam melakukan pemilihan umum. Untuk itu diimbau agar Pengurus RW dan Pengurus RT mengajak warganya untuk berbondong-bondong menuju TPS pada hari H pelaksanaan pemilukada dan menentukan pilihan politiknya. 

Selain masalah Pemilukada, Bp. Walikota juga berpesan agar warga membersihkan dan menghijaukan daerah di sekelilingnya (terkait program Pemda Kota Depok untuk meraih piala Adipura), dan menjadikan lingkungannya menjadi lingkungan yang layak untuk tumbuh kembang anak (asri, tertib, indah, dan nyaman) yang sering diistilahkan dengan "Kota Layak Anak." Begitu juga dengan gerakan "Depok memilah sampah."  Beliau mencontohkan di suatu RW di sebuah Perumnas (Bakti Jaya) yang warganya sangat kompak dengan lingkungan yang sangat bersih, rapi, dan indah, "sampai-sampai gotnya saja mengkilat." Selain itu mereka sudah melakukan gerakan memilah sampah dan memiliki bank sampah. Kalau semua wilayah seperti itu, maka lingkungan kita sangat kondusif bagi warganya, baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan sebagainya.

Di acara berikutnya, diisi oleh unsur KPUD Kota Depok, Bp. Abdul Hamid. Beliau memaparkan tugas-tugas KPUD, tahapan-tahapan pemilu (termasuk jadwal-jadwalnya), orang-orang yang bertugas, termasuk 7 orang anggota KPPS yang bertugas di setiap TPS, hingga penetapan pemenang pemilu. Disampaikan juga kondisi saat ini (khususnya mengenai kesiapan logistik pemilu) menjelang pemungutan suara hari Minggu nanti.

Berikutnya, diisi oleh unsur Panwaslu yang narasinya dibawakan oleh Bp. Sriyono, SKom., MPd. Pada kesempatan itu beliau memaparkan tugas-tugas Panwaslu, serta contoh-contoh pelanggaran pemilu hingga badan-badan yang menangani pelanggaran-pelanggaran itu, termasuk dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang menangani masalah yang terjadi yang terkait dengan penetapan hasil penghitungan suara (setelah pemungutan suara). Sedangkan penyelenggara pemilu adalah KPU dan Bawaslu (tingkat pusat) dan cabang-cabangnya di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Pemakalah terakhir adalah dari Kasat Intel Kota Depok, Bp. Margono AS yang memaparkan tugas-tugas Kepolisian terkait dengan tahapan-tahapan pemilu. Selain masalah pemilu, beliau juga menginformasikan bahwa daerah Depok sudah masuk ke daerah yang perlu diwaspadai untuk konsumen narkoba (38 dari 68 kelurahan telah terindikasi pemakai aktif), dan terorisme. Sehingga diharapkan setiap warga perlu mewaspadai lingkungannya.

            Berikut susunan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat:

No. Urut
Nama Calon Gubernur dan Calon Wakil Guberbur
Partai Pendukung
1
Drs. H. Didik M. Arief Mansur, SH., MH. dan
Drs. Cecep Nana Suryana Toyib, MSi.
Independen
2
Dr. H. Irianto M.S. Syafiuddin, dan
Dr. H. Tatang Farhanul Hakim., MPd.
Golongan Karya
3
Dede Yusuf Macan Effendi, ST, dan
Dr. Ir. H. Lex Laksamana Zainal Lan, Dipl., HE.
Demokrat, PKB
Gerindra, PAN
4.
H. Ahmad Heryawan, dan
H. Dedi Miswar
PKS, PPP, PBB, Hanura
5.
Rieke Diah Pitaloka, dan
Teten Masduki
PDI Perjuangan

Adapun TPS bagi warga RW.03 Pondok Sukmajaya Permai adalah sebagai berikut:

No. TPS
Lokasi TPS
Ketua Panitia Pemungutan Suara
Untuk Warga RT
08
SDN V Sukmajaya
Bp. Mardjono (A5/4)
01, 02 dan 03
09
Saung Blok C RT. 06
Bp. H. Radia Pratikto (B3/14)
04, 05, dan 06
10
Saung Blok D RT. 08
Bp. Dadang Supriyatna (C5/6)
07, 08, dan 09
11
Saung Blok D RT. 10
Bp. Drajat H. Djukahdi (D5/3)
10 dan 11

            Demikian informasi dari saya, dan melanjutkan imbauan dari Bp. Walikota Depok, mari kita sukseskan Pemilukada Jawa Barat pada Minggu, 24 Februari 2013 dengan memberikan hak pilih kita di TPS yang telah ditentukan. Semoga Allah Yang Maha Pengasih, mengasihi kita sekalian yang selalu berusaha berjalan di jalanNya. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar