Halaman

Rabu, 05 Desember 2012

Minum Obat Filariasis Secara Masal



Minum Obat Filariasis secara Masal
Di Kota Depok

Kota Depok masih menjadi kota endemik penyakit kaki gajah (filariasis). Dikatakan endemik karena penyakit ini menyerang suatu daerah populasi tertentu, misalnya di satu kota yang tidak dipengaruhi oleh daerah lain, dan penyebarannya cukup konstan.

Karenanya, sejak  tahun 2005, di Kota Depok dilakukan pengobatan masal untuk menghilangkan penyakit ini di Kota Depok. Namun demikian efektivitas pelaksanaannya masih kurang  teruji, terbukti masih banyak warga yang enggan meminum obat yang diberikan ini.

Pada tahun 2012 ini, pengobatan masal filariasis akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Kota Depok pada Sabtu, 8 Desember 2012. Kali ini akan dilaksanakan secara terpusat se-RW (tidak per-RT lagi). Hal ini dilakukan untuk memantau dan meningkatkan partisipasi warga meminum obat yang diberikan secara gratis oleh pemerintah.

Di RW.03 sendiri, pelaksanaannya akan dilakukan oleh Ibu-ibu yang tergabung dalam pengurus  Posyandu “Nuri” RW.03 pimpinan Ibu Srihati (dikenal dengan nama Ibu Nurul) dan didampingi oleh staf Puskesmas Kelurahan Sukmajaya.

Diharapkan agar seluruh warga berpartisipasi untuk mengonsumsi obat filariasis (diethyl carbamazine citrate [DEC] dan albendazole) pada kegiatan di jadwal tersebut. Informasi mengenai filariasis dapat dibaca di:



“Menjaga lingkungan yang bersih dan sehat adalah kunci dalam  mengantisipasi penyebaran penyakit filariasis dan berbagai penyakit lainnya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar