Halaman

Rabu, 05 Desember 2012

Lomba Kebersihan Tingkat RW se Kota Depok


LOMBA KEBERSIHAN
TINGKAT RW. SE KOTA DEPOK

Setelah terkatung-katung beberapa lama, lomba kebersihan lingkungan tingkat RW se Kota Depok akhirnya jadi dilaksanakan.  Pada Selasa, 4 Desember 2012 dilaksanakan pertemuan di Kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok, antara Ketua-ketua RW (atau yang mewakilinya) dengan pihak DKP dan juri independen dari CV Lokomotive Empat Sinergy.

Rachmat Hidayat dari DKP menuturkan bahwa ada 69 RW yang telah ditunjuk oleh masing-masing Lurah yang akan dinilai. Berbeda dengan lomba-lomba terdahulu yang dipilih RW-RW yang sudah baik kebersihannya, kali ini lomba diikuti oleh RW-RW yang pada saat ini kurang kebersihannya.

Dari masing-masing RW ada dua RT yang akan menjadi titik utama penilaian, namun tidak berarti RT-RT lain tidak dinilai, karena lomba ini adalah lomba kebersihan tingkat RW.

Lomba ini dimaksudkan untuk mewujudkan Kota Depok yang bersih dan hijau sehingga bisa memperoleh piala Adipura dari Pemerintah Pusat. Lomba dengan tema “Depok Ku Bersih” ini bukan hanya sekadar dilihat lingkungannya yang bersih saja, namun aspek penilaian lebih ditekankan pada proses perubahan perilaku masyarakat  yang mengarah ke kesadaran yang lebih tinggi, partisipatif, dan rasa kebersamaan dalam menjaga lingkungannya.

Oleh karena itu, kriteria penilaian yang ditentukan adalah: (1) penghijauan, yaitu penataan taman dan penanaman pohon, (2) goyong-royong, khususnya di tingkat RT, dan (3) kebersihan lingkungan, yaitu lingkungan yang bebas sampah serta bagaimana mengelola sampah.

Adapun jadwal kegiatan lomba adalah:
(1). 5 – 16 Desember 2013, pemantauan dan penilaian di lapangan oleh para juri; (2) 19 Desember 2012 pengumuman pemenang, dan (3) 21 Desember 2012 penyerahan hadiah.


Hadiah untuk juara I: LCD TV 22” + uang bantuan operasional  kebersihan  Rp. 5 juta + 180 bibit   pohon.
Hadiah untuk Juara II: LCD TV 22” + uang bantuan operasional kebersihan Rp. 3 juta + 150 bibit pohon.
Hadiah untuk juara III: LCD TV 22” + uang bantuan operasional kebersihan Rp. 2 juta + 120 bibit pohon
Hadiah untuk juara Harapan 1: uang bantuan operasional kebersihan Rp. 1,5 juta + 100 bibit pohon
Hadiah untuk juara Harapan II: uang bantuan operasional kebersihan Rp. 1 juta + 75 bibit pohon
Hadiah untuk juara Harapan III: uang bantuan operasional kebersihan Rp. 500.000,- + 50 bibit pohon.

Pada kesempatan ini, Ketua RW.03, Bp. Bambang Wahyudi mengharapkan:

1. Setiap RT mengadakan kerja bakti, minimal satu kali pada 5 sampai 16 Desember 2012. Silakan telepon juri untuk menginformasikan jadwal  RT-nya akan melaksanakan kerja bakti. Telepon juri (DKP, Bp. Rachmat Hidayat: 081316372019 dan/ atau juri independen: Bp. Roy 081398955998). Mereka akan datang melihat dan menilai kegotong-royongan warga.
2. Melakukan penanaman pohon di tanah-tanah (halaman-halaman) yang kosong (gersang).
3. Lakukan pengamatan dan pembersihan lingkungan sekitar rumah setiap saat, khususnya di halaman muka,  jangan sampai ada sampah.
4. Lakukan kerja bakti secara berkala, khususnya untuk area fasos-fasum dan halaman muka rumah-rumah yang tidak dihuni.
5. Dua RT dari RW.03 yang telah didaftarkan Lurah (masih Bp. Ues Suryadi) adalah RT.03 dan RT.04. Mohon kepada Pengurus kedua RT tersebut untuk lebih proaktif mengajak warganya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar